Pesona Belitong

Pulau Belitung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Belitong, memiliki kekayaan pariwisata memesona. Pasca booming Film Laskar Pelangi yang syuting disana pada 2008, pesona wisata alam Kabupaten Belitung semakin mendunia.

Terik panas matahari begitu menyengat,di Kabupaten Belitung,

Provinsi Bangka Belitung yang mekar dari Provinsi Sumatera Selatan tahun 2000 lalu. Belitung diapit tiga pulau besar yakni, Kalimantan, Jawa dan Sumatera. "Kalau dilihat (dalam peta) bentuk Pulau Belitung seperti tengkorak," ungkap Bupati Belitung, Darmansyah Husein akhir pekan lalu di Belitung.

Ada dua kabupaten di Belitong, Yakni Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Kalau mau menuju Bangka, ibukota Provinsi Bangka Belitung, bisa ditempuh dengan dua cara. Yakni dengan speed boat kurang lebih 3 jam dan sekarang juga sudah ada pesawat foker, yang terbang empat kali sehari dengan waktu tempuh 45 menit.

Kabupaten Belitung memang memiliki banyak tempat wisata eksotis. Maka, tak heran jika sering dijadikan tempat syuting film. Puncaknya, ketika Film Laskar Pelangi syuting disana. Filmnya booming, pariwisata Belitung mendunia. Sejak saat itu Belitung menjadi bidikan wisatawan.

Angin laut bertiup kencang. Ombak kecil saling berkejaran. Menghempas gugusan pulau-pulau di sana. Gugusan batu granit tersusun rapi. Seolah-olah memang sengaja disusun. Hamparan air laut membiru dibatasi oleh garis pantai dengan pasir putih nan lembut.

(Baca selengkapnya....)


Sumber

0 Responses