Penyakit Jantung

Jangan terlalu cemas jika memiliki tanda-tanda penyakit jantung. Sebab, orang yang memiliki tanda-tanda penyakit jantung lebih mungkin bertahan hidup setelah serangan jantung pertama dibandingkan dengan orang yang riwayat kesehatannya baik-baik saja. Orang yang pernah kena penyakit jantung biasanya bisa menjaga hidupnya lebih baik.

Kesimpulan ini didasarkan analisis data nasional di Amerika Serikat yang mendaftar 500.000 kasus serangan jantung pertama kali dari tahun 1994 hingga 2006.

Selama dirawat inap di rumah sakit, dokter mencatat faktor-faktor risiko standar penyakit jantung pada pasien seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, merokok, dan riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Di antara semua pasien, lebih dari 85% di antaranya memiliki setidaknya satu faktor risiko dan banyak di antaranya mendapat serangan jantung pertama pada usia yang lebih muda. Di antara jumlah tersebut, sebanyak lebih dari 50.000 pasien meninggal di rumah sakit.

Penelitian ini menemukan bahwa pasien bukan perokok yang tidak menderita diabetes, kolesterol tinggi, dan tinggi tekanan darah atau tanpa memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarganya, ternyata 50% lebih mungkin meninggal di rumah sakit dibandingkan dengan orang yang memiliki tanda-tanda penyakit jantung.

(Baca selengkapnya....)

Sumber

0 Responses