Sebuah Nama Sebuah Cerita

Assalamu'alaikum..... hollaa... jumpa lagi nihh... kali ini gue mw nulis kembali apa yang menarik perhatian gue.... yuuk simaak !


Bukan hanya sekedar judul, melainkan merupakan rangkaian kata yang memiliki makna. Di dalamnya tertuang kisah mengenai sebuah perjalanan yang dirintis dari titik nol hingga melambung setinggi langit. Tidaklah merupakan kisah yang hanya diwarnai dengan kebahagiaan, tetapi halang rintang juga ikut mewarnai perjalanan empat sekawan yang tergabung dalam peterpan.

Peterpan. Nama itu menjadi akrab di telingaku sejak pertama kali mendengar lantunan Mimpi Yang Sempurna dalam album kompilasi Kisah 2002 Malam pada tahun 2002. Suara Ariel yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi band poprock asal Bandung itu. Semenjak itulah, lagu-lagu dari band fenomenal itu menemani hari-hariku.
Aku mengenal peterpan saat masih duduk di bangku SMP. Waktu itu, peterpan memang menjadi band favorit di sekolahku. Lagu-lagunya yang simple dan enak didengar membuatku mudah mengingat lirik lagunya. Bahkan, dari sekian banyak lagu peterpan yang aku tahu saat itu, tiga diantaranya memiliki kenangan yang tidak akan pernah aku lupakan hingga sekarang.
Aku dan Bintang. Gara-gara sama-sama suka sekali dengan lagu itu, aku jadi berteman akrab dengan sahabatku hingga sekarang. Seorang sahabat yang dulu sering membawakan lagu ini dengan petikan gitarnya. Seorang sahabat yang selalu ada saat suka maupun duka.
Yang Terdalam. Awalnya lagu ini akan dijadikan lagu pembuka untuk pementasan musik saat aku SMP dulu. Dengan segala daya dan upaya, aku pun mencari not balok dari lagu yang bernada sedikit sendu itu. Hanya saja, karena selera teman-teman satu kelompokku menginginkan lagu yang bernada beat, not balok itu hanya tersimpan dalam memori dan selembar kertas yang takkan kulupakan hingga saat ini.

Semua Tentang Kita. Berlainan cerita dengan kedua judul lagu di atas, lagu ini sangat memberikan inspirasi padaku. Saat mendengar lagu ini, aku teringat pada nenekku yang sudah lama meninggal dunia. Saat aku SMP dahulu, hal itu yang membuatku bersikeras mencari not baloknya. Bertepatan dengan itu, aku sedang mengikuti sebuah perlombaan tingkat kota. Dalam perlombaan itu mengharuskan setiap pesertanya menunjukkan kebolehan dalam bidang kesenian. Tanpa pikir panjang, aku langsung memilih lagu ketiga di album Taman Langit ini sebagai ‘senjataku’ dalam lomba. Dan alhamdulillah, lagu ini menjadi bagian dari kemananganku yang berhasil membawa pulang piala sebagai juara kedua dalam perlombaan itu.
Nah, ketiga lagu kenangan itu, semuanya tergabung dalam sebuah album, Album Sebuah Nama Sebuah Cerita,  yang merupakan album terakhir peterpan sebelum mengalami reinkarnasi dengan nama lain. Album ini menjadi rangkuman dari sekian banyak lagu hits Ariel cs. Mendengarkan seluruh lagu dalam album ini seperti mendengar sebuah cerita. Cerita tentang band petepan yang menjadi fenomenal ketika meraih segudang prestasi mulai dari mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri hingga penghargaan platinum dan multi platinum serta cerita tentang musik peterpan yang menjadi trendsetter musik bagi band-band berikutnya. Benar-benar merupakan sebuah penutup yang indah.
Prestasi yang diraih oleh Peterpan benar-benar memberikan suntikan semangat untukku untuk lebih giat belajar. Semangat mereka membuat aku mengerti betapa pentingnya sebuah kerja keras untuk meraih sebuah keberhasilan.
Ada bahagia, ada juga sedih. Kesedihan itu ikut mewarnai perjalanan peterpan yang sedang berjuang untuk melakukan reinkarnasi musik mereka sejak ditinggalkan dua personilnya. Ya, masalah hukum menjerat salah satu personil mereka. Siapa lagi kalau bukan Ariel sang vokalis.
Ariel, Ada apa denganmu ? Sayangnya, aku masih belum mengerti sepenuhnya akan semua yang terjadi pada vokalis band favoritku itu.
Nama peterpan yang memang sudah lama tidak terdengar semakin tenggelam ditelan arus musik yang tiada henti berinovasi dengan pendatang baru. Ada yang mendukung untuk melanjutkan perkara, tidak sedikit pula yang meminta untuk menghentikan. Manusia memang tiada yang sempurna karena manusia tempatnya salah dan khilaf. Semoga saja itu semua bisa menjadi pembelajaran bagi Peterpan dan Ariel khususnya.
Dunia memang terkadang kejam, tapi ingatlah bahwa Allah SWT tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu merubah keadaan mereka sendiri. Perubahan itu perlu, terutama menuju ke arah yang lebih baik. Menggapai memang sulit, tapi mempertahankan akan lebih sulit.
Memiliki sahabat dalam suka dan duka adalah impian setiap manusia sebagai makhluk sosial. Berbahagialah karena memiliki kami sebagai sahabat peterpan yang akan selalu mendukung kalian.
Peterpan, dari lubuk hatiku yang terdalam aku ingin bertanya, “Harus berapa lama aku menunggumu ?
Peterpan, buka dulu topengmu dan berjalanlah walau habis terang. Jangan terlalu lama menunggu pagi hingga bintang di surga enggan bersinar lagi.
Peterpan, memang semua tak ada yang abadi, semua akan hilang terbawa arah. Tapi, namamu akan tetap selalu ada di dalam hati sahabat.
Peterpan, dan mungkin bila nanti kalian akan kembali, kukatakan dengan indah di balik awan, “mimpi yang sempurna di atas normal tidak akan menghapus jejakmu di kota mati, tetapi hatiku selalu meninggikanmu hingga ke taman langit untuk kembali mengukir kisah semua tentang kita agar kita tertawa.

by : Alina Sitha

0 Responses